Btc IDR, Bitcoin To IDR Untuk Investasi Jangka Panjang

btc idr

Dewasa ini  uang kripto mengalami peningkatan popularitas yang pesat di Indonesia. Apakah kalian tahu apa itu uang kripto? Uang kripto sendiri merupakan salah satu aset digital yang digunakan sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi. Kriptografi sendiri secara harafiah diartikan dengan penyampaian pesan yang bersifat rahasia dan dilakukan secara tersembunyi sehingga pesan-pesan di dalamnya aman, dengan pengertian tersebut dapat kita asumsikan bahwa penggunaan uang kripto berfungsi untuk mengamankan transaksi dan memverifikasi transfer aset.

Yap, seperti yang kita ketahui, uang kripto belum bisa digunakan sebagai alat transaksi sepenuhnya karena bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Tetapi bagi anda yang ingin memulai investasi seperti saham, anda bisa memanfaatkan cryptocurrency atau mata uang kripto. Ada berbagai macam mata uang kripto seperti litecoin, EOS, dan yang paling popular serta digemari banyak orang yaitu bitcoin.

Bitcoin merupakan mata uang kripto pertama yang menerappkan system blockchain. Pada dasarnya bitcoin yang berbentuk kepingan virtual, setiap kepingnya memiliki nilai tukar. Nilai tukar ini akan berbeda-beda tergantung dengan kurs mata uang yang digunakan jika di Indonesia maka akan ditukarkan dengan mata uang IDR atau rupiah, btc idr atau bitcoin to IDR. Saat ini, jika satu keeping bitcoin ditukarkan dengan rupiah Indonesia (btc idr) akan bernilai sekitar Rp500.439.228.30. Ya, dengan angka sebesar itu untuk memiliki lebih dari dua bitcoin memerlukan usaha yang besar untuk dapat membeli satu bitcoin. Untuk mendapatkan bitcoin sendiri bisa kita lakukan beberapa cara seperti membeli dengan uang  ‘nyata’ dan sah, jual-beli dengan pembayaran menggunakan bitcoin, dan yang saat ini agak jarang dilakukan yaitu ‘menambang’ bitcoin dengan computer.

Tentu saja seperti kebanyakan produk, uang kripto juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Uang kripto karena dikelola dengan cara digital, dalam transaksinya uang kripto lebih memiliki kecepatan dan kemudahan karena uang kripto sendiri juga diciptakan sebagai solusi dari kerumitan transaksi bank konvensional. Kedua , seperti bitcoin yang menerapkan system blockchain, uang kripto dinilai lebih aman. Selain itu, transaksi dengan cryptocurrency tidak memerlukan data asli kita untuk melakukan transaksi, sehingga terjamin kerahasiaan data kita. Mungkin timbul kekhawatiran ketika ingin bertransaski dengan uang kripto karena kita tak mengetahui data sebenarnya, tetapi dengan diterapkannya system blockchain yang bisa mendeteksi adanya potensi sabotase. Ketiga , dengan menggunakan uang kripto kita bisa mendapatkan kenaikan harga mata uang. Terakhir, menggunakan uang kripto bisa menghindarkan kita dari pemalsuan uang karena dengan kriptografi yang kuat dapat mencegah peretasan.Tak hanya kelebihan, uang kripto juga punya kelemahan yaitu adanya potensi pelanggaran hukum. Hal ini disebabkan belum semua bagian negara memperbolehkan semua mata uang kripto, bebrapa diantarnya masih tidak diperbolehkan. Kedua, karena uang kripto berbasis digital maka diperlukan juga dompet digital atau digital wallet untuk menyimpan uang tersebut, untuk dapat membuka digital wallet diperlukan pin atau kata sandi. Jika kita menggunakan pin atau kata sandi yang terlalu rumit, akan besar resiko kita lupa. Jika sudah lupa, maka dompet digital tidak akan bisa dibuka dan uang kripto yang ada di dalamnya pun tidak bisa digunakan.

Untuk dapat bertransaksi dengan uang kripto, ada baiknya kita menilik lebih lanjut terlebih dahulu sebelum benar-benar betransaksi dengan uang kripto.. Selain itu, ketahui regulasi atau aturan yang berlaku agar meminimalisir adanya potensi pelanggaran hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *