Apa Saja Fungsi Cek Ping Untuk Internet Kita?

cek ping

Saat kamu sedang mengakses sebuah website tapi website tersebut tidak kunjung muncul, kamu mungkin mengira masalah tersebut berasal dari koneksi internet. Sebenarnya, kamu bisa memastikan masalah tersebut melalui cek ping. Ping adalah singkatan dari Packet Internet Network Groper yaitu sebuah perintah untuk mengecek status serta keberadaan host dalam sebuah jaringan internet. Jadi, singkatnya ping adalah perintah atau command yang dilakukan di terminal atau shell untuk memverifikasi bahwa mesin memiliki akses internet dan dapat berkomunikasi dengan komputer atau perangkat jaringan lain.

 

Prinsip utama ping adalah seperti penggunaan sonar untuk mengukur kedalaman laut. Jadi, sebuah sinyal dikirimkan ke dasar, lalu lamanya waktu kembali ke atas menjadi dasar perhitungannya. Nah, cara kerja ping hampir mirip contoh di atas. Dengan perintah ping, Anda akan mengirim sebuah paket data berupa ICMP_ECHO ke host tujuan. Lalu, host akan membalas dengan paket data berupa ICMP_ECHOREPLAY. Kegunaan utama perintah dari ping ialah untuk mengecek konektivitas internet. Selain itu, berikut adalah beberapa fungsi lain Ping yang biasa digunakan:

 

  • Mengecek Akses Website

 

Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat mengetahui apakah website yang Anda tuju bisa diakses atau tidak. Misalnya, Anda ingin mengunjungi sebuah website, tapi tampilan dari website tersebut tidak bisa dibuka di komputer Anda. Untuk memastikan apakah websitenya berjalan normal atau tidak, Anda bisa memeriksanya dengan perintah Ping.

 

  • Mengecek Respon Status Koneksi

 

Salah satu fungsi perintah ini adalah agar Anda dapat memeriksa seberapa besar delay dari koneksi jaringan yang Anda gunakan. Misalnya, terjadi lag dalam program atau website yang sedang Anda gunakan, Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan fungsi ini yang satu ini.

 

  • Memeriksa Kualitas Jaringan

 

Fungsi berikutnya adalah memeriksa kualitas jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kegunaan salah satu perintahnya adalah untuk memeriksa respon dari sebuah host tujuan dalam satuan milisecond. Semakin kecil milisecond yang ditunjukkan, maka semakin baik pula kualitas jaringan yang sedang Anda gunakan.

 

Tinggalkan Balasan